Minggu, 29 April 2012

Ingin jadi freelancer online? Awas kena tipu!

Semakin merakyatnya penggunaan internet memperluas peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Beragam lowongan pekerjaan dapat ditemukan secara online dari yang part-time hingga full-time. Namun, sebelum memutuskan untuk mendaftar menjadi freelancer online, pastikan bahwa anda memahami resikonya karena bekerja freelance online sangat berbeda dangan yang offline.

Resiko yang paling umum adalah jika situs tempat anda mandaftar ternyata scam, atau situs tipu-tipu. Situs-situs seperti ini menawari anda suatu pekerjaan fiktif, dengan tujuan mencuri identitas, data pribadi, atau mengirim email-email berisi iklan ke inbox anda.

Resiko berikutnya, meskipun anda telah mendaftar di situs yang secure, bukan scam, masih terdapat kemungkinan bahwa para klien/penyedia lowongan pekerjaan yang mendaftar di situs tersebutlah yang penipu. Situs penyedia pekerjaan yang terpercaya seperti Odesk dan Freelancer pun tidak menjamin anda akan terbebas dari para penipu yang menawari anda pekerjaan palsu atau memperkerjakan anda tanpa pernah berniat membayar jasa yang anda berikan pada mereka. Ini sangat mungkin terjadi karena situs-situs tersebut hanya mempertemukan anda dengan orang yang membutuhkan jasa yang anda tawarkan, tanpa mengetahui apakah orang tersebut akan benar-benar membayar anda.

Penipuan yang paling mudah dikenali adalah bila pekerjaan yang ditawarkan terlihat sangat mudah, bisa dikerjakan oleh siapa saja dan menjanjikan bayaran yang lumayan tinggi. Salah satu contoh adalah merubah file PDF ke MS Word secara manual, yaitu dengan mengetiknya per kata. Penulis sendiri pernah apply ke lowongan semacam ini (siapa sih yang tidak tergiur dengan pekerjaan mudah dan insentif tinggi?) dan mendapatkan email konfirmasi berikut:


 Seperti terlihat pada gambar di atas, Susan Downing, penyedia pekerjaan, mengarahkan saya pada captcha. Ini tidak sesuai dengan deskripsi pekerjaan yang ia tulis di Odesk. Masih ada banyak lagi penipuan serupa. Jelaslah, diperlukan kehati-hatian ekstra sebelum anda menerima suatu pekerjaan, meskipun kelihatannya sangat menjanjikan, jika anda tidak ingin bekerja secara gratis bagi orang lain.

5 komentar:

  1. Saya masih free member di freelancer.com..Saya ada keinginan untuk upgrade member, tetapi saya jadi ragu setelah membaca beberapa situs dengan isi yang mencurigai freelancer.com

    BalasHapus
  2. jangankan pekerjaan yang gampang, yang susah ajah dibohongi. aku sempet jadi content writer bahasa inggris selama satu bulan. tapi ternyata dia tuti alias tukang tipu. padahal tulisan aku sudah duduk cantik dibeberapa website di internet. . .

    pleated-monster.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama nih, aku juga content writer bhs inggris. pas harusnya gajian malah kantornya pindah dan adminnya tdk bs dihubungi,.

      Hapus
  3. balik kucing deh..kmaren aq barusan daftar

    BalasHapus
  4. bos nanang..berhati2, masih banyak bisnis online yang sehat dan bukan scam..waspada ya...saya sudah tutup juga akun di freelancer 2 bulan lalu

    BalasHapus